Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘tokoh’ Category

Barick Ahmad Setiawan

Calon Anggota DPRD Kota Bandung Daerah Pemilihan Kota Bandung II

Nama Lengkap : Barick Ahmad Setiawan

Tempat, tanggal Lahir : Bandung, 10 Desember 1984

Alamat : Jl. Cibeunying Permai I no. 19 Bandung

ORANG TUA

* Ayah : H. Wawan Gunawan, B.Sc.

* Ibu : Hj. Rahayu Widowati, S.H., M.Si.

SAUDARA KANDUNG

* Nisa An Nashr (adik) Mahasiswa Teknik Industri Universitas Parahyangan

* Asyiffa Huzaini (adik) Siswa SMP Negeri 5 Bandung.

RIWAYAT PEKERJAAN

  1. Pengajar Matematika pada PGTK Islam Aisyiyah
  2. Marketing Manager pada CV Planet Production

RIWAYAT PENDIDIKAN

  1. Institut Teknologi Bandung, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Studi Matematika. 2003 – sekarang
  2. Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Studi Pembangunan. 2002 – sekarang
  3. SMU Negeri 5 Bandung. 1999 – 2002
  4. SMP Negeri 5 Bandung. 1996 – 1999
  5. SD Negeri Tilil I Bandung, 1990 – 1996
  6. TK Aisyiyah VI Bandung, 1988 – 1989

RIWAYAT ORGANISASI

  1. Pemuda HANURA Provinsi Jawa Barat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi
  2. Badiklatda Partai HANURA Provinsi Jawa Barat sebagai Koordinator Tenaga Pendidik
  3. Society of Industrial and Applied Mathematics sebagai Student Member
  4. Konservasi Alam Nusantara (Konus) sebagai Anggota
  5. Paguyuban Pelestarian Budaya Bandung (Bandung Heritage Society) sebagai Anggota

RIWAYAT KURSUS DAN PELATIHAN

  1. Diklat TOT Kader Utama Partai HANURA Angkatan IV
  2. Diklat TOT Kader Madya Partai HANURA Angkatan I
  3. Harvard Project for Asian and International Relations (HPAIR) tahun 2007 di Beijing, China
  4. Latihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa ITB Angkatan II, kerjasama antara Wakil Rektor Senior Bidang Mahasiswa dan Kodam III/Siliwangi
  5. ESQ Leadership Training

RIWAYAT PENGHARGAAN

  1. Indonesian Best Professional of The Year 2007 dari Yayasan Penghargaan Indonesia
Iklan

Read Full Post »

Berliana Kartakusumah

berliana-hanuraDR. Berliana Kartakusumah, Caleg DPR Pusat No Urut 1 dari Partai HANURA dapil Kota Bandung-Cimahi

DR. Berliana Kartakusumah, Caleg DPR Pusat No Urut 1 dari Partai HANURA dapil Kota Bandung-Cimahi

Merasa terpanggil melihat kondisi masyarakat yang memprihatinkan dan ditengah kinerja dan moral para anggota dewan baik di DPRD Kota/kabupaten, Propinsi dan khususnya di DPR pusat yang mengklaim sebagai Wakil Rakyat, bapak Dr Berliana Kartakusumah, secara mantap ingin berjuang membela dan memperbaiki taraf kehidupan rakyat kecil dengan mencalonkan diri sebagai calon Legislatif untuk DPR pusat. Beliau maju mewakili Partai HANURA, untuk daerah pemilihan Kota Bandung dan Cimahi. Berikut profil singkat beliau agar para pembaca dapat menilai, memilah dan terpenting lagi memberikan dukungan atas visi, misi dan program yang hendak diperjuangkan jika kelak terpilih sebagai angota DPR.

PEKERJAAN:

1. Dosen Tetap di Universitas Djuanda
2. Senat Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bandung
3. Nara Sumber, pembicara, dan pelatih dalam berbagai forum Diskusi Seminar, Lokakarya, dan Diklat yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, perusahaan Negara (BUMN) maupun swasta

ALAMAT TINGGAL

Alamat : Jl. H. Sukarta Belakang No 5 Bandung

Keluarga : Isteri Hj. dr. SOBARYATI, Sp.S bertugas sebagai PNS dibagian syaraf Rumah Sakit Hasan sadikin. Saat ini telah dikarunia 1 orang puteri dan 4 orang putera dan bertempat tinggal di kota Bandung

RIWAYAT JABATAN :

1. Ketua Dwan Pimpinan Pusat Partai HANURA
2. Ketua Pimpinan Majelis Nasional Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (PMN KAHMI)
3. Deputi Bidang Sosial Budaya Institute for Democracy of Indonesia (IDe Indonesia), suatu lembaga kajian yang berkedudukan di Jakarta didirikan dan dipimpin oleh Jenderal TNI (Purn) H. WIRANTO, SH
4. Pimpinan lembaga Riset dan Informasi Pengembangan Masyarakat, berkedudukan di kota Bandung
5. Sekretaris Yayasan Nurani Bangsa, yang menyelenggarakan pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung
6. Pengawas Yayasan Madrasah Islam Tanwiriyah yang menyelenggarakan pendidikan TK, MI, MTs, MA, dan Pesantren berkedudukan di kota Cianjur
7. Ketua Yayasan Harapan Mukhlisin Indonesia, berkedudukan di kota Bandung
8. Dewan Pakar Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Propinsi Jawa Barat
9. Wakil Ketua Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

RIWAYAT PENDIDIKAN :

1. Pendidikan Formal yang ditempuh adalah program Doktor Pendidikan Non Formal Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, dengan mendapatkan biaya penelitian dan penyusunan disertasi dari Program Pengembangan Pemuda ASEAN Sekretariat Negara RI
2. Magister Pendidikan non Formal Fakultas Pascasarjana IKIP Bandung. Sarjana Pendidikan Manajemen Fakultas pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP Bandung

RIWAYAT ORGANISASI :

1. Ketua HMI Cabang Bandung
2. Ketua Umum HMI Badan Koordinasi Jawa Bagian Barat
3. Koordinator Majelis Pekerja Kongres HMI
4. Wakil Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Bandung
5. Presidium Wilayah KAHMI Propinsi Jawa Barat
6. Pengurus Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Bumi Siliwangi IKIP Bandung
7. Pengurus Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Propinsi Jawa Barat
8. Pengurus Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) Propinsi Jawa Barat
9. Ketua Umum Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO)
10. Wakil Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 5 Bandung, tahun 2006
11. Ketua Komite Kelas IX SMPN 5 Bandung

KEGIATAN POLITIK

Aktifitas politik yang pernah dijalani adalah menjadi Tim Sukses jenderal (purn) H. Wiranto, SH pada Konvensi Nasional Partai Golkar pada tahun 2003-2004. Selanjutnya menjadi Tim Sukses Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden H.Wiranto, SH – H. Solahuddin Wahid pada Pemilu Presiden RI tahun 2004

RIWAYAT PEKERJAAN

1. Konsultan Pendidikan untuk Semua (PUS) Direktorat jenderal pendidikan Non Formal Depdiknas RI di Jakarta
2. Nasional Expert pada Australia-Indonesia Basic Education Program (AIBEP) di Jakarta
3. Pengarah dan Tenaga Ahli pada Fisheries Livelihood Recovery Program UNDP di Kabupaten Aceh Besar Nanggro Aceh Darussalam Konsorsium PKSPL IPB – LEIMA
4. Peneliti pada International federation for family Health (IFFH)
5. Instruktur dalam pelatihan Skill Development Project West Java Province yang dibiayai oleh Bank Dunia
6. Konsultan pada ILO Cooverative Project in West Java Province
7. Menjadi Dosen Tidak tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung, FISIP Universitas Pasundan Bandung, dan MKDU IKIP Bandung

KARYA TULIS

Karya tulis yang pernah disusun adalah berupa disertasi, tesis, skripsi, buku dan artikel Koran. Buku yang pernah diterbitkan adalah berjudul “Pemimpin Adilihung Genealogi Kepemimpinan Kontemporer” yang diterbitkan oleh Penerbit Traju PT Mizan Publika, Jakarta

PENGALAMAN LUAR NEGERI

1. Anggota Delegasi Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO) pada International Cooverative Aliancy Congress di Soul Korea Selatan pada tahun 2001
2. Melakukan kunjungan Muhibah ke Malaysia dan Singapura. Dalam kunjungan tersebut berkesempatan diterima oleh Pemimpin Oposisi Malaysia, bapak datuk Sri Anwar Ibrahim di rumah kediamannya di Kualalumpur.

sumber: /fansberliana.wordpress.com/

Read Full Post »

Penyanyi dangdut Ade Nurul mengaku menemukan hal-hal di luar dugaannya ketika memutuskan menjadi calon anggota legislatif. Mulai dari cara berbicara, perasaan terhadap relasi dengan orang lain hingga masalah uang.

Hal ini diungkapkan Ilmi Nurul Huda, nama asli Ade Nurul, usai sarasehan artis caleg di Graha Niaga Jakarta, Rabu (19/11). “Kalau jadi artis kita dapet duit, tapi begitu sosialisasi kita harus nyumbang ini itulah. Ada juga yang datang-datang minta uang. Saya sempat mikir, udah deh saya nggak mau gabung lagi sama politik. Saya mau total artis saja,” ujar Ade.

“Tapi gue tetep semangat untuk maju. Gue emang bukan orang politik tapi gue kan dari sosial politik kuliahnya. Jadi gue bisa cocok aja. Meski harus belajar di lapangannya,” lanjut perempuan yang menjadi caleg Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di dapil Jabar & (Bekasi, Purwakarta, Karawang) di nomor urut 3.

Ade menuturkan dirinya akhirnya bergabung dengan Hanura melalui Barisan Artis Hanura setelah diajak pedangdut lainnya Alisya Djohar. Kemudian, dirinya ditawari menjadi caleg terkait syarat kuota perempuan bagi parpol. Dirinya merasa senang dan berpikir dapat memanfaatkan keartisannya untuk meraup suara. Oleh karena itu, dia memilih Karawang sebagai salah satu dapilnya. Karawang terkenal sebagai basis dangdut.

“Saya pikir seperti bikin panggung, gampang. Tapi kejadiannya untuk masuk ke politik nggak sesederhana yang saya pikirkan. Orang-orang yang dulu kita pikir temen ternyata bisa jadi lawan. Belum ada oknum-oknum yang berusaha memanfaatkan kita, minta-minta duit itu,” tutur Ade.

Masalahnya, Ade berkata, banyak yang berpikir caleg DPR RI itu orang kaya ‘tujuh turunan’. Namun demikian, Ade menyukai tugas ini karena dirinya merasa dibandingkan politisi, Ade yang sering manggung di daerah-daerah terpencil pasti bertemu orang-orang dari kalangan bawah.

“Saya yang langsung ketemu dengan mereka lebih tahu daripada politisi-politisi di DPR. Gue juga melihat bahwa kondisi ekonomi susah apalagi orang-orang yang mencari nafkah di kampung, saya berpikir gimana ini berubah. Menurut saya, ini bisa diubah kalau lewat jalur politik,” ujar Ade yang menyiapkan dana sekitar Rp 300 juta untuk meraup 33.000 suara.

Ade yang sempat mengalami kecapekan dan stres akibat sosialisasi menjelang pemilu belajar untuk tidak mudah marah. Selain itu dirinya belajar untuk memperbaiki cara bicara dan sikapnya selama ini. “Kalau sama temen-temen artis kan biasanya ngomongnya bebas. Tapi pas sosialisasi harus menahan diri,” tandas Ade yang satu dapil dengan Nurul Arifin dari Partai Golkar.

Ade juga mengeluhkan kesulitan memasarkan nama aslinya di tengah-tengah konstituennya. Meski terkadang dalam sosialisasi dia sudah terus-menerus memberi tahu bahwa namanya adalah Ilmi Nurul Huda. “Gue kan bilang, pak, ibu nama saya Ilmi Nurul Huda. Mereka jawab ‘iya,iya, iya’. Tapi tetep aja kalau manggil gue itu ‘Bu Ade, Bu Ade. Capek deeh,” ujarnya. Dirinya mengharapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbolehkan penggunaan nama alias dalam surat suara. (Caroline Damanik, Kompas.com, Kamis, 20 November 2008 )

Read Full Post »

DPD Jabar
Ketua – Prof. Dr. H. Karhi Nisjar S.Ak. MM.
Sekretaris – H. Dedi Sukardan Martadipraja, SH.
Bendahara – H. Sofyan Iskandar, SE. MM.

Read Full Post »